A. Lingkungan Kelas
Lingkungan kelas mempengaruhi kemampuan siswa untuk focus dan menyerap informasi. Bila suasana dan kondisi kelas berantakan, kumuh, kotor dan tidak menarik bagi para siswa, maka mereka akan menganggap bahwa belajar itu tidak nyaman, melelahkan dan kuno. Sebalinya, bila lingkungan ditata dengan baik, bersih, sehat, dan nyaman, serta mampu mendukung bagi pembelajaran siswa adalah sebagai berikut :
1. Menyediakan Gambar
Dalam hal ini, beberapa ide yang dapat dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut :
a. Poster ikon/Simbol
Poster ikon atau symbol ini dipajang pada setiap konsep utama pelajaran yang diajarkan dan digambarkan di atas selembar kertas berukuran 25 x 40 cm atau lebih besar. Poster ikon berfungsi sebagai tinjauan globa dari bahan pelajaran yang membantu penciptaan, penyimpanan, dan pencarian informasi secara visual.
b. Poster Afirmasi atau Poster Penegasan Diri
Mintalah siswa untuk membuat poster motivasi afirmasi dengan pesan-pesan khusus, misalnya “aku mampu mempelajari”, “aku bisa mengusainya”, “aku yakin bisa” dan lain sebagainya. Poster-poster itu ditempatkan pada dinding samping di dalam kelas, setinggi mata orang duduk. Poster-poster disekeliling ruangan yang “mengucapkan” penegasan-penegasan seprti itu akan menjadi dialog internal, sehingga menguatkan keyakinan siswa tentang belajar dan isi materi yang diajarkan.
2. Gunakan Warna
Gunakan warna untuk memperkuat pengajaran dan belajar siswa, karean otak berpikir dalam warna. Gunakan warna hijau, biru, ungu dan merah untuk kata-kata penting. Sedangkan untuk menggarisbawahi gunakan warna jingga dan kuning, serta warna hitam dan putih untuk kata-kata penghubung, seperti “dan”, “dari” , dan lainnya. Penggunaan warna pada dinding kelas dengan warna-warna tepat dapat membuat siswa lebih nyaman dan betah belajar. Menurut para ahli psikologi, warna merah, kuning, hijau, dan biru merupakan empat warna utama. Meskipun, belum bisa dipastikan dari sudut pandang sains, tetapi pada umumnya warna memiliki pengaruh atau sifat yang berbeda dalam aspek kehidupan manusia, termasuk juga dari kepribadiannya. Untuk mengetahui kepribadian yang diinginkan, berikut uraian mengenai makna dari setiap warna yang ada, dalam sudut pandang psikologi.
a. Warna Biru
Warna biru bersifat damai, dan menyejukkan. Asosiasi positifnya adalah rasa percaya dan stabilitas, sedangkan sifat negatifnya adalah curiga dan melankolis. Selain itu, warna biru member kesan biru luas pada ruangan.
b. Warna Biru Tua
Warna biru tua melambangkan perasaan yang mendalam. Biasanya, warna ini melambangkan sifat perasa, bijaksana, tidak mudah tersinggung, bersikap tenang, dan memiliki kenakalan/rekan yang luas.
c. Warna Buru Muda
Warna biru muda melambangkan sifat yang teguh dan kokoh, namun biasanya sedikit keras kepala, sering berbangga diri dan memiliki pendirian yang tetap.
d. Warna Coklat
Warna coklat menggambarkan stabilitas dan bobot. Sifat positifnya adalah kestabilan dan keanggunan, sedangkan sifat negatifnya depresi dan penuan.
e. Warna Hijau
Warna hijau merupakan simbol pertumbuhan, kesuburan, dan harmoni. Hijau adalah warna warna menenangkan dan menyegarkan. Sifat positifnya optimism, kebebasan dan keseimbangan. Sedangkan sifat negatifnya adalah iri hati dan kesombongan.

f. Warna Hitam
Warna hitam adalah warna misterius dan independen. Sifat positifnya adalah memiliki daya tarik dan kekuataan, sedangkan sifat negatifnya adalah kematian, kegelapan, dan kuasajahat.
g. Warna Kuning
Waran kuning erat dengan pencerahan dan intelektualitas. Sifatnya menstimulus otak dan membantu pencernaan. Sifat positifnya adalah optimisme, akal, dan ketegasan, sementara sifat negatifnya berlebihan dan kekakuan.
h. Warana Kuning Terang
Warna ini melambangkan sifat spontan dan toleransi tinggi. Sifat dari warna ini menonjol, tetapi senang berubah-ubah sikap, suka berharap dan dermawan.
i. Warna Abu-abu/Kelabu
Warna abu-abu mempunyai karakter samar-samar. Kecenderungannya adalah lebih netral.
j. Waran Merah
Secara umum, warna merah memberi stimulus dan dominasi. Warna ini erat kaitannya dengasifat hangat dan kemakmuran, tetapi juga mnggambarkan kemarahan, malu dan kebencian.
k. Warna Merah Terang
Warna merah terang mewakili kekuatan, kemauan, dan cita-cita. Warna ini turut melambangkan sikap agresif, aktif, kemauan keras, penuh gairah, dan dominasi.
l. Warna Merah Jambu
Warna merah jambu mewakili sifat romantic, feminine, selalu rapid an penuh jenaka.
m. Warna Ungu
Warna ungu adalah campuran warna merah dan biru. Sifatnya sedikit kurang teliti, tetapi selalu penuh harapan.
n. Warna Putih
Warna putih adalah symbol awal baru, kemurnian, dan kesucian. Kualitas positifnya adalah bersih dan segar, sedangkan sifat negatifnya adalah dingin dan tanpa kehidupan.

(Sumber Mohammad Sholeh Hamid,S.Pd dalam Bukunya yang berjudul Metode Edutainment)